Thursday, October 12, 2017

Cara Membeli Hanya Domain Saja di Niagahoster

Cara Membeli Hanya Domain Saja di Niagahoster

Cara Membeli Hanya Domain Saja di Niagahoster - Bagi sobat yang sudah ngeblog lewat platform blogspot ataupun wordpress pasti agak risih karena domainnya terlalu panjang, seperti bangtutorial.blogspot.com atau abidamassi.wordpress.com ataupun lainnya. Dan tentu sobat pasti ingin mengganti subdomain tersebut menjadi domain pilihan sobat sendiri yang pendek dan tentunya mudah diingat oleh orang lain. oh lupa, sebenarnya wordpress.com tidak bisa custom domain dari Niagahoster, hehe

Apa itu Domain??
Menurut Wikipedia, Domain adalah nama unik yang di berikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. dan Nama domain sendiri berfungsi untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, Selain juga di pakai untuk mengingat nama server yang di kunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang di kenal sebagai alamat IP. 

Untuk lebih simpelnya, Nama domain juga disebut sebagai URL atau yang biasa disebut alamat website. seperti contoh: bangtutorial.xyz

Dan domain dibedakan menjadi domain TLD dan ccTLD domain TLD (top level domain) adalah domain tingkat atas sedangkan ccTLD adalah domain milik negara.
Contoh domain TLD antara lain:
.com: untuk kepentingan komersial atau perusahaan.
.net: untuk kepentingan network infrastruktur.
.org: untuk kepentingan organisasi.
.info: untuk kepentingan informasional situs web.
.name: untuk kepentingan keluarga atau perorangan.
.edu: untuk kepentingan pendidikan
.mil: untuk kepentingan militer
.biz: untuk kepentingan bisnis.
.tv: untuk entertainment seperti televisi, radio,dan lain-lain.
.travel: untuk kepentingan bisnis pariwisata.
.xyz: di gunakan untuk personal blogger :)

untuk mendapatkan domain tersebut tidaklah gratis, alias berbayar. Mulai yang paling murah .xyz (Rp 14.000/tahun) hingga .net (Rp 140.000/tahun)


Baca Juga : Cara Mengganti Domain Blogspot Dengan Domain Gratis Freenom

Di Indonesia, terdapat banyak situs penjual nama domain. Mulai dari Rumahweb, Godaddy, Idhostinger, Niagahoster, Jagoanhosting, dan lain lain. Sobat bebas memilih yang mana saja, tapi saya sarankan agar memilih membeli domain di Niagahoster, Karena lebih murah, pelayanan baik, mudah dan pembayaran yang simpel.

Saya juga membeli domain bangtutorial.xyz di Niagahoster, dan saya membeli domain .xyz karena harganya sangat murah, lagi diskon, dan duitnya pas-pasan :v

Sebenarnya hanya berbeda sedikit antara .com dan .xyz, tergantung dari si pembuat blog saja, jika domain .com tapi blog sepi kayak kuburan sama aja bohong :)

Ok lanjut cara membeli domain saja di niagahoster. ikuti panduan ini dengan benar:


Cara Membeli Hanya Domain Saja di Niagahoster

1. Pertama, Klik link berikut niagahoster.co.id. Maka tampilannya seperti ini.


Domain Niagahoster

2. Masukan nama domain yang sobat inginkan, setelah itu klik cek domain. setelah itu, jika domain tersedia maka akan seperti ini, jika tidak tersedia, silahkan coba yang lain, setelah dapat, pilih mau berapa tahun dan klik lanjut

Cek Domain Niagahoster

3. Setelah itu, scroll ke bawah dan pilih order tanpa hosting, karena sobat hanya membeli domain saja.

Order Tanpa Hosting

4. Jika ada tulisan Order weebly biarkan saja, abaikan dan klik selanjutnya.

5. Setelah itu, abaikan semuanya dan scroll kebawah dan klik tombol selanjutnya.

6. Dan selanjutnya akan muncul halaman Daftar atau Login Niagahoster, silahkan masukan akun jika sudah punya, jika belum punya silahkan daftar dulu, dengan tampilan seperti ini.

Masukan Kode Kupon a-bangtutorial untuk mendapatkan diskon sebesar hingga 20% untuk pembelian Domain maupun Hosting di Niagahoster

7. Jika sobat mendaftar silakan masukan data diri dan pilih cara pembayaran, jangan lupa masukan kode kupon ini untuk dapat potongan 20% kode = a-bangtutorial. itu kode kupon resmi saya. Dan jika sudah punya akun, silahkan pilih menu pembayaran dan silahkan masukan kupon kode kupon resmi saya a-bangtutorial.

8. Setelah selesai, silakan cepat melakukan pembayaran, karena pembayaran akan expired dalam 3 sampai 6 jam sesudah memesan domain tersebut.


Setelah sudah dibayar dan domain sudah aktif, silahkan pasang di blog sobat masing masing. Untuk tutorial cara memasang domain Niagahoster di blogspot mungkin akan dibuat in the future, Sobat bisa mencarinya terlebih dahulu di mbah google.

Demikianlah tutorial cara membeli hanya domain saja di Niagahoster, semoga bermanfaat bagi sobat semua. Tinggalkan sebuat komentar karena pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar. dan Terima kasih sudah mengunjungi blog kecil ini :)

2 comments: